Mata Kuliah :
Tanaman Hias dan Obat-Obatan
Topik/ materi Pembelajaran : Pemasaran
Nama Mahasiswa :
Arifson Yondang
Nirem :
05. 1. 4. 12. 0370
Dosen :
Ir. Bharoto.MMA
Soal.
1.
Apa yang perlu
dilaksanakan sebelum melajukan pemasaran barang/ produk-produk pertanian:
Jawaban.
Sebelum melakukan kegiatan
pemasaran perlu dilakukan informasi pasar atau indentifikasi kebutuhan pasar .
Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi-informasi tentang pasar.
Secara garis besar indentifikasi kebutuhan
pasar mencangkup :
a. Produksi pertanian
yang dibutuhkan konsumen/ Pasar
b.
Berapa jumlah yang diminta dan bagaimana Kualitas yang
diinginkan
c.
Dimana komoditi tersebut dikonsumsi
d. Berapa harga per
satuan yang akan diperoleh
e.
Apakah harga tersebut sudah layak
Sumber – sumber
Informasi
a. Grosir, warung kecil, konsumen akhir, lembaga keuangan (
bank pemerintah, BPR) Grosir memberi
informasi :
1)
Berapa harga
beli
2) Berapa ongkos grading
b.
Warung kecil:
memberi informasi :
Mutu,
Jumlah produk, musim ramai pembeli, kesukaan pembeli.
c.
Konsumen akhir
memberi informasi :
Kemasan
yang paling disukai, penampilan/bentuk barang yang paling disukai Lembaga
keuangan memberi informasi :
Usaha
yang paling aman , peluang untuk
Usaha
Jawaban
Pemasaran adalah Suatu kegiatan usaha/bisnis untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan konsumen melalui pendistribusian suatu produk. Lembaga marketing adalah lembaga-lembaga yang
terdiri dari perantara-perantara yang menggerakan barang-barang dari produksen
ke konsumen. Untuk menyalurkan barang-barang dari produksen ke konsumen ada
beberapa cara :
a. Penyaluran langsung dari produksen
ke konsumen
Ada produksen atau industri yang menyalurkan barang langsung ke ke
produksen. ( P -> K). Hal ini
sulit dilakukan pada industri-industri besar
b.
Penyaluran semi langsung, dalam hal ini ada satu perantara yaitu
menggunakan saluran pedagang eceran (P -> PE->K )
c.
Penjualan tak langsung, melalui lebih dari satu perantara misal dari
produksen , pedagang besar, pedagang eceran ke konsumen. ( P -> PB ->
-> PE -> K )
Rencana
yang dilakukan berupa memenuhi keinginan konsumen untuk memperoleh jenis
obat-obatan tradisional yang sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan konsumen. Dan
selalu menjalankan fungís-fungsi pemasaran serta dapat memenuhi keinginan
konsumen semaksimal mungkin.
Jawaban
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan
atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen
untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor
mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Untuk melakukan promosi dalam pemasaran tidaklah harus dilakukan, namun
untuk dapat mengenal luaskan produk yang akan di pasarkan bisa menggunakannya
cara dengan mempromosihkan. Salah satu keuntungan promosi yaitu dapat dikenal
oleh orang lain dan keterangan tentang produk yang akan dipasarkan dapat
diketahui olah masyarakat banyak. Cara mempromosikan suatu produk dapat melalui e-mail, melalui sms, melalui pembicaraan, melalui
iklan, media sosial dan lain-lain.
Jawaban
Marketing mix adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan
yang merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu produk, harga, promosi, dan
distribusi. Dengan kata lain marketing mix adalah kumpulan dari
variabel yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk dapat mempengaruhi
tanggapan konsumen. Untuk memenangkan persaingan pasar, dalam
mengimplementasikan marketing mix dapat dilakukan dengan berbagai strategi
pemasaran (marketing strategy). Akan tetapi, ketepatan perusahaan dalam
menggunakan strategi marketing mix ini ditentukan oleh kualitas jasa atau
barang yang ditawarkan (perceived service or product quality).
Marketing MIX yang digunakan berupa Promotion (Promosi) pada
hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang dimaksud
dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha
menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan/atau mengingatkan pasar
sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan
loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar