Minggu, 14 Februari 2016

Tugas II Pemasaran

Mata Kuliah                                                       : Tanaman Hias dan Obat-Obatan
Topik/ materi Pembelajaran                        : Pemasaran
Nama Mahasiswa                                            : Arifson Yondang
Nirem                                                                    : 05. 1. 4. 12. 0370
Dosen                                                                    : Ir. Bharoto.MMA

Soal.
1.         Apa yang perlu dilaksanakan sebelum melajukan pemasaran barang/ produk-produk pertanian:
Jawaban.
Sebelum melakukan kegiatan pemasaran perlu dilakukan informasi pasar atau indentifikasi kebutuhan pasar . Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi-informasi tentang pasar.
Secara garis besar indentifikasi kebutuhan pasar mencangkup :
a.       Produksi pertanian yang dibutuhkan konsumen/ Pasar
b.        Berapa jumlah yang diminta dan bagaimana Kualitas yang diinginkan
c.        Dimana komoditi tersebut dikonsumsi
d.       Berapa harga per satuan yang akan diperoleh
e.        Apakah harga tersebut sudah layak 
Sumber – sumber Informasi
a.       Grosir, warung kecil, konsumen akhir, lembaga keuangan ( bank pemerintah, BPR)    Grosir memberi informasi :
1)        Berapa harga beli
2)       Berapa ongkos grading
b.        Warung kecil: memberi informasi :
Mutu, Jumlah produk, musim ramai pembeli, kesukaan pembeli.
c.        Konsumen akhir memberi informasi :
Kemasan yang paling disukai, penampilan/bentuk barang yang paling disukai Lembaga keuangan memberi informasi : Usaha yang paling aman , peluang untuk Usaha

2.        Jelaskan yang saudara ketahui tentang pemasaran dan lembaga pemasaran. Apa rencana anda seandainya saudara menjadi seorang produksen penghasil produk olahan obat-obatan (obat Tradisional) yang cukup berhasil !
Jawaban
Pemasaran adalah Suatu kegiatan usaha/bisnis untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen melalui pendistribusian suatu produk. Lembaga marketing adalah lembaga-lembaga yang terdiri dari perantara-perantara yang menggerakan barang-barang dari produksen ke konsumen. Untuk menyalurkan barang-barang dari produksen ke konsumen ada beberapa cara :
a.       Penyaluran langsung dari produksen ke konsumen
Ada produksen atau industri yang menyalurkan barang langsung ke ke produksen. ( P -> K).  Hal ini sulit dilakukan pada industri-industri besar
b.        Penyaluran semi langsung, dalam hal ini ada satu perantara yaitu menggunakan saluran pedagang eceran (P -> PE->K )
c.        Penjualan tak langsung, melalui lebih dari satu perantara misal dari produksen , pedagang besar, pedagang eceran ke konsumen. ( P -> PB -> -> PE -> K  )
Rencana yang dilakukan berupa memenuhi keinginan konsumen untuk memperoleh jenis obat-obatan tradisional yang sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan konsumen. Dan selalu menjalankan fungís-fungsi pemasaran serta dapat memenuhi keinginan konsumen semaksimal mungkin.

3.        Apa yang saudara ketahui tentang Promosi, apabila saudara menjadi seorang produksen perlukah melakukan promosi jelaskan !
Jawaban
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Untuk melakukan promosi dalam pemasaran tidaklah harus dilakukan, namun untuk dapat mengenal luaskan produk yang akan di pasarkan bisa menggunakannya cara dengan mempromosihkan. Salah satu keuntungan promosi yaitu dapat dikenal oleh orang lain dan keterangan tentang produk yang akan dipasarkan dapat diketahui olah masyarakat banyak. Cara mempromosikan suatu produk dapat melalui e-mail, melalui sms, melalui pembicaraan, melalui iklan, media sosial dan lain-lain.

4.        Jelaskan strategi pemasaran Marketing MIX, dan apa rencana saudara atau strategi marketing Mix yang bagaimana (campuran kegiatan/strategi) yang anda jalankan seandainya saudara menjadi produksen !
Jawaban
Marketing mix adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi. Dengan kata lain marketing mix  adalah kumpulan dari variabel yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan konsumen. Untuk memenangkan persaingan pasar, dalam mengimplementasikan marketing mix dapat dilakukan dengan berbagai strategi pemasaran (marketing strategy). Akan tetapi, ketepatan perusahaan dalam menggunakan strategi marketing mix ini ditentukan oleh kualitas jasa atau barang yang ditawarkan (perceived service or product quality).
Marketing MIX yang digunakan berupa Promotion (Promosi) pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar